3. 000 Warga Bekasi Ikuti CFD Pertama di Masa Pandemi Covid-19

Wayne Collins

Liputan6. com, Jakarta – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi balik memberlakukan Car Free Day (CFD), Minggu 5(5/7/2020). CFD ini ialah uji coba pascapemberlakuan Adaptasi Susunan Hidup Baru (ATHB) di Kota Bekasi.

Kegiatan ini disambut antusiasme masyarakat yang memenuhi sepanjang Jalan Ahmad Yani hingga Summarecon Bekasi. Sekitar 3. 000 peserta menjalani CFD dengan bermacam-macam kegiatan, seperti bersepeda, jalan sepi, dan jogging.

Mayoritas peserta CFD telah menerapkan protokol kesehatan sesuai seruan Pemkot Bekasi. Beberapa warga yang kedapatan melakukan pelanggaran, tidak diperkenankan petugas mengikuti CFD.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi alias Pepen yang hadir berhubungan Kapolres Metro Bekasi Kota serta Dandim 0507 Kota Bekasi, menyampaikan apresiasi atas kepatuhan masyarakat menerapkan protokol kesehatan selama pelaksanaan CFD.

“Alhamdulillah tingkat loyalitas peserta luar biasa, bagian sebab ATHB saat pelaksanaan CFD tersebut. Kita melihat tingkat kepatuhan sebab 3. 000 orang, tidak sampai 100 orangnya dikembalikan, ” sirih Pepen.

Sebanyak 800 aparat gabungan TNI-Polri turut menyoroti jalannya CFD yang berlangsung semenjak pukul 06. 00-08. 30 WIB itu. Para petugas juga rutin memberikan imbauan terkait protokol kesehatan kepada para peserta.

“Menurut masyarakat tentang protokol kesehatan, baik secara langsung atau memakai pengeras suara, ” ujar Pepen.

2 dari 3 halaman

Ibu Hamil dan Balita Dilarang ke CFD

Patuh Pepen, pelaksanaan CFD masih bakal dievaluasi hingga dua minggu ke depan. Selama masa evaluasi, pokok hamil, lansia dan balita tidak diperkenankan mengikuti CFD, termasuk penyalur kuliner. Hal ini sebagai tuangan standar protokol kesehatan.

Bahkan, lanjut Pepen, Pemkot berencana mengadakan rapid test dan swab secara acak kepada peserta CFD. Sejumlah personel juga akan ditempatkan di sejumlah titik masuk CFD, untuk menyeleksi para peserta.

“CFD kali ini kita evaluasi, termasuk kondisi warga dengan terus bergerak supaya mendapatkan imun yang kuat dengan berolahraga, ” pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di lembah ini: