Etika Pemain Ideal Versi Andres Iniesta: Gabungan 4 Pemain Legenda

Wayne Collins

Jakarta – Andres Iniesta  hingga saat ini sedang aktif bermain di Jepang berhubungan Vissel Kobe. Ia berada dalam Jepang sejak 2018 setelah menghabiskan sekitar 16 tahun berseragam Barcelona dan mempersembahkan begitu banyak menyelenggarakan juara untuk tim Catalan itu.

Dalam sebuah sesi wawancara dengan La Liga, Andres Iniesta mengungkapkan begitu banyak hal terkait pengalamannya di dunia menepuk bola, termasuk pemain-pemain yang menjelma idolanya dan juga mereka dengan memiliki kemampuan istimewa di lapangan hijau.

Namun, ketika menjawab pertanyaan terpaut pemain sepak bola ideal menurutnya, Iniesta tanpa ragu menggabungkan perut mantan rekan setimnya, Lionel Messi dan Xavi Hernandes, serta besar mantan rivalnya, Sergio Ramos & Cristiano Ronaldo, karena keunggulan per pemain.

“Menurut beta, pemain yang ideal adalah mempunyai kaki kiri Leo, kaki kanan Xavi, kemampuan menyundul bola Ramos, dan kebugaran yang dimiliki Cristiano, ” ujar Iniesta.

Iniesta juga mengungkapkan pendapatnya kalau La Liga selalu melahirkan pemain berposisi gelandang yang hebat kala dirinya masih aktif bermain pada kasta tertinggi Liga Spanyol itu. Ketika ditanya mengenai gelandang favoritnya, Iniesta punya sejumlah nama.

“Ada banyak gelandang berkuasa di La Liga, tapi untuk saya Busquets, Rakitic, serta pemain baru seperti Arthur dan de Jong adalah yang terbaik. Santi Cazorla menurut saya juga ialah gelandang yang hebat, ” ujar Andres Iniesta .

2 dibanding 2 halaman

Pemain Panutan

Selama kurang bertambah 16 tahun bersama Barcelona, Iniesta  telah merasakan begitu banyak paksa mengangkat trofi juara. 9 penghargaan juara La Liga, 6 trofi Copa del Rey, 7 menggelar juara Piala Super Spanyol, 4 trofi juara Liga Champions, 3 trofi juara Piala Super Eropa, dan 3 trofi Piala Negeri Antarklub, jadi bukti kebesaran Andres Iniesta.

Andres Iniesta  bahkan menjadi pahlawan keberhasilan Timnas Spanyol menjuarai Piala Dunia 2010 lewat gol tunggalnya ke tiang Belanda di laga final.

Sebagai pemain yang melupakan begitu banyak legacy bagi sepak bola dunia, Andres Iniesta tentu menjadi role model bagi banyak pesepak bola muda, termasuk Evan Dimas dalam Indonesia, yang mengakui bahwa permainannya terinspirasi dari Iniesta.

Namun, siapa yang justru menjadi role model bagi Iniesta ketika dirinya masih muda?

“Saya selalu mengidolakan Laudrup serta Guardiola. Mereka merupakan pemain yang sering saya jadikan sebagai panutan. Gaya bermain keduanya saya jadikan dasar untuk permainan saya, ” ujar Iniesta.

“saya meniru sebanyak mungkin sembari menjumpai gaya saya sendiri. Bagi aku, sebagai pemain mereka merupakan panutan saat saya masih muda, ” tegasnya.

Sumber: LaLiga

Disadur dari: Bola. com (penulis Benediktus G, published 6/6/2020)