Jokowi: Saya Setiap Pagi Sarapannya Angka-Angka

Wayne Collins

Liputan6. com, Jakarta awut-awutan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku senang setiap cepat disuguhkan sarapan angka-angka, terkait pertumbuhan ekonomi dalam negeri maupun ijmal.

“Saya senang sebab setiap hari dapat angka-angka, setiap pagi sarapannya angka mungkin yang lain sarapannya nasi goreng atau roti, tapi saya sarapannya angka-angka, ” kata Jokowi saat penyerahan Rencana Aksi Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) kepada Kementerian Koperasi dan UKM Jakarta, di Jakarta, Kamis (23/7/2020).

Angka-angka yang dimaksud, yakni tren kenaikan angka-angka yang memberikan kabar elok seperti konsumsi rumah tangga tiba naik, Kata Jokowi berarti peredaran uang yang ada di kolong (masyarakat) berjalan sesuai ekspektasi.

“Karena ada BLT Dukuh, bansos tunai, dan ada bansos sembako, itu akan sangat mempengaruhi daya beli dan konsumsi sendi tangga masyarakat, ” katanya.

Selain itu, Jokowi suka dengan aktivitas tren ekspor dengan mulai naik dibanding Mei. Cocok dengan data   Badan Sentral Statistik (BPS) mencatat ekspor Nusantara pada Juni 2020 mencapai USD 12 miliar, meningkat 15, 09 persen jika dibandingkan Mei 2020 sebesar USD 10, 53 miliar.

Ditambah beberapa lembaga ekonomi global yang memprediksikan kemajuan ekonomi global itu minus bervariasi.

dua dari 3 halaman

Perkiraan IMF

Misalnnya, International Monetary Fund (IMF) memprediksi -2, 5 persen, kemudian 2 bulan yang lalu, Bank dunia memprediksi– 5 persen, dan Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) prediksi -6 persen sampai -7, 6 persen.

OECD juga menyampaikan prediksi kontraksi ekonomi  yang tajam yang dialami 7 negara, yakni Prancis -17, dua persen, Inggris 15, 4 tip,   Jerman -11, 2 tip, Amerika   Serikat -9, 7 persen, Jepang -8, 3 komisi,   Malaysia -8 persen, dan Singapura -6, 8 persen.

“Bayangkan isinya hanya minus, minus, minus, minus dan minusnya itu dalam posisi yang gede-gede seperti itu, ” ucapnya.

Oleh karena itu, ia meminta kepada jajaran para gajah untuk mempercepat dan serius pada menangani dampak pandemi covid-19 ini.      

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Opsi di Bawah Ini: