Kejagung Akan Jemput Djoko Tjandra daripada Bareskrim Malam Ini

Wayne Collins

Liputan6. com, Jakarta Kejaksaan Agung (Kejagung) akan mengambil Djoko Tjandra dari Bareskrim Polri pada Jumat (31/7/2020) malam ini. Djoko Tjandra bahan dieksekusi berkaitan dengan kasus manipulasi BLBI terkait hak tagih Bank Bali.

“Iya piawai, saya sudah konfirmasi dengan Penasihat Eksekusi, ” ujar Kepala Was-was Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Keadaan Setiyono saat dihubungi.

Namun, Hari enggan berkomentar lebih detail terkait pelimpahan Djoko Tjandra. Rencananya, Kejagung akan mengambil Djoko Tjandra sekitar pukul 21. 00 WIB.

“Silakan nanti ada Direktur Eksekusi, barangkali ada perkembangan terbaru hendak disampaikan, ” kata dia.

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono menyampaikan, pihaknya berhasil menangkap buronan Djoko Tjandra. Kini petugas masih menunggu kedatangannya dari Malaysia pada Halim Perdanakusuma, Jakarta.

“Komitmen kita semua akan menangkap Pak Djoko Tjandra dan kita berhasil, ” tutur Argo pada Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (30/7/2020) malam.

Tengah Kabareskrim Polri, Komjen Listyo Sigit Prabowo, menjelaskan perburuan Djoko Tjandra dimulai setelah Kapolri Jenderal Idham Azis mendapat instruksi langsung daripada Presiden Jokowi.

“Bapak Presiden memerintahkan kepada Kapolri buat segera mencari dan menangkap ahli Djoko Tjandra di mana biar berada dan menuntaskan kasus dengan terjadi selama bersangkutan masuk, ” kata Listyo dalam jumpa pers di Mabes Polri, Kamis 30 Juli malam.

2 dari 3 halaman

Bentuk Tim

Kapolri kemudian membentuk tim yang dipimpin oleh Listyo bergandengan Kadiv Propram. Didapatlah informasi Djoko Tjandra berada di Kuala Lumpur, Malaysia. Kemudian dilakukan komunikasi dengan pihak Kepolisian Diraja Malaysia lebih kurang sepekan.

“Bapak Kapolri menindaklanjuti dengan melaksanakan proses police to police. Komunikasi intens tetap kita lakukan untuk mendeteksi. & Alhamdulillah kami mendapatkan kepastian yang bersangkutan berada di Kuala Lumpur di suatu tempat dan kemudian kami bersama tim segera berangkat ke Kuala Lumpur, ” jelasnya.

Dia menambahkan, hal ini sekaligus menjawab pertanyaan publik komitmen kepolisian untuk membawa Djoko Tjandra kembali ke Tanah Air. Pihaknya juga akan mengusut dengan transparan kasus Djoko Tjandra dalam kepolisian.

“Sedangkan cara untuk saudara Djoko Tjandra tunggal di kejaksaan yang tentunya bakal ditindaklanjuti, ” jelas Listyo.

3 dari 3 halaman

Saksikan gambar pilihan di bawah ini: