Lakon Bocah 9 Tahun Putus Sekolah Demi Memburu Pembunuh Ayahnya Semasa 17 Tahun

Wayne Collins

Liputan6. com, Yunan Seorang bani laki-laki dari Yunan, China, menyaksikan pembunuhan ayahnya di tangan seorang tetangga, ketika dia berusia 9 tahun. Ia kemudian menghabiskan 17 tahun berikutnya untuk mencoba menangkap pelaku  pembunuhan tersebut.

Dikutip dari  Oddity Central , Selasa (22/9/2020), anak bernama Xiang Mingqian itu sedang bermain dengan anak dari tetangganya yaitu Zhang Jun, pada 9 Agustus 2000. Kemudian terjadi pertengkaran jarang dua anak laki-laki tersebut maka melibatkan keluarga masing-masing anak serta menjadi awal dari kasus pembunuhan ini.

Saat itu, Jun melemparkan akik ke selokan yang membuat percikan mengenai Mingqian, kemudian Mingqian menjawab hal yang sama kepada Buyung. Kemudian Jun mengadu kepada keluarganya, nenek Jun yang datang menghampiri kemudian mendorong Mingqian hingga suasana semakin pelik.

Kangmas perempuan Mingqian, yakni Xiang Mingxiang yang mendengar keributan tersebut lalu datang untuk menolong adiknya, tetapi ia justru dipukuli keluarga Jun hingga memar.  

Mingxiang yang mengalami memar segera melaporkan hal tersebut kepada suaminya. Suami Mingxiang yang tidak terima atas perbuatan tersebut kemudian kabur menuju kediaman keluarga Jun.

Mingxiang juga mengadukan kejadian tersebut kepada ayah mereka setelah sampai di rumah. Kemudian abu mereka, Xiang Wenzhi segera menyusul menantunya tersebut.

2 dari 5 halaman

Perkelahian pun Terjadi

Mingqian ingat melihat ayahnya masuk ke rumah Jun, dan kemudian beberapa menit lalu bola lampu padam. Saat semuanya menjadi gelap, dia bisa mendengar jeritan ayahnya saat dia ditikam beberapa kali oleh beberapa bagian keluarga Jun.

Wenzhi langsung dilarikan ke rumah lara, namun lukanya terlalu parah dan dokter tidak bisa berbuat apa-apa untuk menyelamatkannya. Bahkan hari ini, Mingqian masih ingat saat ayahnya yang sekarat mengatakan dia kedinginan dan lapar.

Keluarga Xiang Wenzhi kemudian melapor ke  polisi setempat tentang pembunuhan tersebut saat malam itu juga, tetapi mereka hanya muncul di TKP keesokan paginya. Mereka memanggil pokok untuk diinterogasi tetapi tidak melangsungkan penangkapan.

Zhang Mouqui yang merupakan salah satu bagian keluarga Jun, merupakan orang yang telah membunuh Wenzhi. Namun, petugas hanya menginterogasinya lalu kemudian pergi dan membatalkan kasus tersebut.

Kesempatan tersebut dipakai oleh Zhang Mouqui untuk melarikan muncul dan menghilang.

3 dari 5 kaca

Kondisi Mingqian Memburuk

Setelah kematian ayahnya, kehidupan Xiang Mingqian mengharukan, karena tidak ada lagi dengan memperhatikannya.   Dia mulai positif keluarga menjual mie serta kandas sekolah untuk mengabdikan hidupnya di dalam menangkap pembunuh ayahnya.

Mingqian yang tidak tega melihat ibunya terus menangis karena mair ayahnya, kemudian membulatkan tekad untuk mencari pembunuh ayahnya tersebut.

Ia mulai berkeliling jawatan polisi setempat untuk mengetahui keterangan mengenai Zhang Mouqui. Setelah terus berusaha mencari, akhirnya pada 2007, Mingqian mendapat petunjuk mengenai keberadaan Zhang Mouqui.

Seseorang memberitahunya bahwa seorang pria yang sesuai dengan deskripsi Zhang Mouqui terlihat mengendarai sepeda motor di Tumpuan Kereta Api Kunming. Mingqian melenyapkan beberapa hari untuk mengawasi & memeriksa setiap inchi stasiun, tetapi tidak menemukan sesuatu yang berperan.

Akhirnya, pada 2017, Mingqian mengetahui petunjuk dari sumber yang dapat dipercaya bahwa Zhang Mouqui bersembunyi di Kota Nan’an, Provinsi Fujian. Itu berarti melangsungkan perjalanan ribuan kilometer, tapi dia tidak peduli dan segera bergegas ke sana.

Mingqian mendapat informasi bahwa pembunuh ayahnya bekerja di pabrik peralatan makan di pinggiran Kota Nan’an. Tempat menyewa mobil, menanyakan informasi mengenai Zhang atau pabriknya, kemudian melenyapkan waktu berhari-hari mengawasi pintu menyelundup pabrik peralatan makan itu.

4 sejak 5 halaman

Akhirnya Menjumpai Si Pembunuh

Mingqian menghabiskan tiga hari untuk memeriksa pabrik. Pada hari ketiga setelah 17 tahun yang panjang, dia akhirnya bertemu Zhang Mouqui sedang.

Dia telah membawa foto pembunuh ayahnya bersamanya semenjak Agustus 2000 itu dan Zhang tidak banyak berubah, dia hanya sedikit lebih tua. Mingqian tak hanya menerkam orang yang telah menghancurkan hidupnya, namun ia cepat menyeret Zhang ke jalur lembaga.

Pada 10 Oktober 2018, Pengadilan Menengah Rakyat Tanah air Zhaotong, Provinsi Yunnan, memutuskan Zhang Mouqui bersalah atas kematian Xiang Wenzhi dan menjatuhkan hukuman tangsi seumur hidup dan perampasan hak politik.

Setelah 17 tahun dan 4 hari, Xiang Mingqian akhirnya melakukan apa dengan dia ingin lakukan setelah maut ayahnya.

Reporter: Ruben Irwandi

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: