Libur Nataru, Jumlah Penumpang di Bandara Soetta Diprediksi Capai 100 Seperseribu per Hari

Wayne Collins

Liputan6. com, Jakarta – Menghadap libur panjang akhir tahun 2020 di Desember mendatang, Kementerian Pertalian meramalkan adanya lonjakan penumpang had 100 ribu orang perharinya.

“Penumpang diperkirakan 100 beribu-ribu untuk penerbangan domestik karena penerbangan internasional belum ditentukan, ” ujar Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto, Rabu (25/11/2020).

Kemudian, lanjut Novie, jumlah penerbangan domestik juga diramalkan akan melonjak pada akhir tarikh mencapai 1. 000 pergerakan udara perhari di Bandara Soekarno-Hatta. Pada hari biasa, penerbangan pesawat pada bandar udara tersebut hanya kira-kira 600 pergerakan.

“Sekarang di Bandara Soekarno-Hatta rata-rata 650 sampai 700 movement perhari, kemudian pada saat peak seasson Nataru nanti perkirakan movement 1000-an perhari, ” jelas Novie.

Lamun demikian, Novie memastikan kalau penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta sudah benar ketat dengan protokol kesehatan.

Dengan memperhatikan jumlah batas maksimal penumpang, penerapan protokol kesehatan, penyediaan hand sanitizer di tiap sudut, hingga penyemprotan disinfektan.

“Kita campaign kesehatan adalah agar masyarakat pengguna transportasi hawa yakin kita implementasikan protokol kesehatan tubuh ini secara sangat serius, ” kata Novie.

2 dari 3 kaca

Jumlah Penumpang Pesawat Terangkat Signifikan di Oktober, INACA Beberkan Kuncinya

Indonesia National Air Carriers Association (INACA) terus berupaya untuk membakar masyarakat melakukan perjalanan kembali memakai transportasi udara. Maka pihaknya kerjasama dengan para maskapai, pengelola bandara dan AirNav melakukan Safe Travel Campaign.

Sekretaris Jenderal INACA, Bayu Sutanto mengatakan sebagai upaya pihaknya mendorong kegiatan ini pihaknya mengkampanyekan aman bepergian secara menggunakan transportasi udara yang dikerjakan bersama seluruh maskapai anggota gabungan di beberapa kota seperti dalam Bali di Medan, dan Yogyakarta yang diberi nama Safe Travel Campaign.

“Dalam aksi tersebut, kami memberikan sosialisasi pada masyarakat bahwa dalam pesawat ada satu sistem yang kita tahu dengan HEPA, yaitu di mana sistem sirkulasi dalam pesawat ini diganti setiap 2 menit seluruhnya, ” kata Bayu dalam bertemu pers virtualnya saat RUA INACA 2020, Kamis (19/11/2020).

Dikatakan oleh Bayu, dari bukti yang ada kegiatan ini sangat efektif mendorong kembali masyarakat melaksanakan perjalanan kembali dengan pesawat.

Data dari PT Udara Pura (AP) II sepanjang Oktober 2020 cukup bergairah di sedang pandemi COVID-19. Pada 1-31 Oktober, jumlah penumpang di 19 bandara mencapai 2, 14 juta karakter atau melonjak sekitar 19 tip dibandingkan dengan 1-30 September sebesar 1, 79 juta orang.  

Hal yang sewarna terjadi pada trafik penerbangan di 15 bandara PT. Angkasa Negeri (AP) I pada Oktober 2020 mengalami pertumbuhan cukup signifikan.

“Trafik penumpang mengalami pertumbuhan 16, 9 persen dari satu. 853. 378 penumpang pada September menjadi 2. 168. 075 penumpang pada Oktober lalu, ” pungkasnya.  

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Kolong Ini: