Mengenang Perjalanan Barli Asmara ke Langgar Camlica Turki

Wayne Collins

Liputan6. com, Jakarta – Semasa hidup desainer Barli Asmara mempunyai beragam kenangan, di antaranya soal kunjungannya ke Turki. Salah utama tempat yang dikunjunginya adalah Langgar Camlica di Istanbul.

“Cuma bisa bilang Masya Allah lihat Masjid Camlica tersebut yg Terbesar di Turki, ” tulis Barli di sebuah unggahan pada akhir Oktober 2019 lalu. Meski kedatangannya untuk kerja, Barli menggunakan kesempatan tersebut juga untuk liburan.

Barli mengungkapkan, kunjungannya ke Turki berawal dari suatu mimpi dan ucapan. Rupanya keinginannya itu dikabulkan hingga tiba dalam Istanbul.

“Memang yah ucapan tuh DOA, perbanyak ucapan yg bijak, banyak sebutan salam terhadap sesama dan CIRI selalu kepada AllahSWT, ” kata Barli.

Ia bersyukur bisa berkunjung ke Masjid Camlica yang besar dan bagus. Ia bahkan sempat otak saat mencari spot foto buat diabadikannya.

“BINGUNG cari spot foto, tapi yg gak bingung untuk melakukan Ibadah sholatnya, soalnnya pas Kunjungan itu pas banget waktu sholat, maka bisa sholat ngerasain gimana ademnya didalam dan melihat arsitektur bangunan yang megah banget, ” kata Barli Asmara.

2 sejak 3 halaman

Masjid Terbesar di Turki

Masjid Camlica merupakan masjid terbesar di Turki yang dibuka secara resmi di 3 Mei 2019 lalu. Masjid yang mampu menampung 63 ribu jemaah ini memiliki enam benara setinggi 107, 1 meter, sesuai dilansir dari Daily Sabah , Kamis, 27 Agustus 2020.

Enam benara itu melambangkan rukun iman. Sementara, angka 107, 1 melambangkan hasil pasukan Seljuk atas tentara Bizantium dalam pertempuran Manzikert pada 1071.

Dua menaranya memiliki balkon dan tingginya mencapai 90 meter. Masjid Çamlıca adalah kompleks paling modern di Turki secara galeri seni, perpustakaan, ruang konferensi, studio seni dan Museum Kebudayaan Islam.

Kubah pati masjid setinggi 72 meter melambangkan 72 warga negara yang letak di Istanbul, dan kubah 34 meter melambangkan kota Istanbul. Dalam kubah utama masjid, terdapat finial dengan lebar 3, 12 meter dan tinggi 7, 77 meter dengan berat 4, 5 ton.

Finial yang diwarnai dengan nanoteknologi dan terdiri dibanding tiga bagian ini merupakan finial terbesar di dunia. Masjid Çamlıca memiliki beberapa gerbang terbesar buat tempat ibadah di dunia, dengan gerbang utama terbentang 5 meter, tinggi 6, 5 meter serta berat 6 ton.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan pada bawah ini: