Rayakan HUT ke-75 RI, Megawati Memikirkan Pengalaman Tinggal di Kapal Konflik

Wayne Collins

Liputan6. com, Jakarta – Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri mengungkapkan hal yang berkesan selama dirinya memimpin Indonesia. Awalnya, Megawati menceritakan pengalamannya saat terjadi pertikaian di Maluku di masa pemerintahannya pada periode 2001-2004.

Kala itu, Megawati mengatakan dirinya tak diizinkan oleh Panglima TNI untuk tinggal di wilayah tanah karena faktor keamanan. Sehingga, zaman itu Megawati tinggal di kapal perang.

“Akhirnya kami memutuskan, maksud saya dengan Panglima dan bagian kebahagiaan lainnya, maka saya tinggal di kapal perang, ” kata Megawati seperti yang diunggah di Youtube Sekretariat Presiden dalam rangka HUT ke-75 RI, Senin (17/8/2020).

Ketua Umum PDI Perjuangan itu mengaku tinggal di pesawat perang menjadi salah satu kemahiran yang tak terlupakan. Hampir besar minggu Megawati tinggal di kapal perang itu.

“Bayangkan hampir dua minggu saya mempergunakan kapal perang itu sebagai wadah tinggal, ” ucapnya.

Megawati menyebut dirinya tak mendapati banyak soal kapal perang. Namun, hal yang membuatnya terkejut ternyata fasilitas di kapal perang dan komersil berbeda.

“Saya sebenarnya praktis tidak mengetahui kapal perang itu seperti apa. Yang paling juga itu yang menyesatkan menjadi sebuah hal yang sangat terkesan karena menurut saya, sungguh lucu ternyata tangganya itu tak seperti kapal-kapal penumpang ataupun komersial, ” tuturnya.

“Tangganya itu tegak lurus. Jadi bayangkan, saya bukannya membesar-besarkan, tapi jadi perempuan kalau mau naik turun, ya saya harus menggunakan tangga yang tegak lurus itu, ” sambung Megawati.

2 dari 3 halaman

Harapan untuk Masa Depan

Meski sejenis, dia bersyukur semuanya dapat berjalan dengan baik. Megawati pun berpesan kepasa generasi muda Indonesia supaya memiliki harapan untuk masa kelak.

“Sebaiknya kita, makin generasi muda itu selalu mesti mempunyai keyakinan dan harus memiliki harapan itu yang harus diutamakan menurut saya, ” jelas Megawati.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: