Rusia Lepaskan Rudal Jelajah Tepat di dalam Hari Ulang Tahun Vladimir Putin

Wayne Collins

Liputan6. com, Moskow semrawut Rusia melakukan peluncuran rudal jelajah hipersonik Tsirkon serta berhasil mencapai target di Bahar Barents, kata seorang komandan senior Rusia.

Ia juga menyatakan, peluncuran ini bertepatan dengan ulang tahun Vladimir Putin ke-68 pada Rabu (7/10/2020), demikian dikutip dari laman Channel News Asia .

Berbicara kepada Putin melalui tautan video, Valery Gerasimov, kepala staf umum Angkatan Tanah, mengatakan uji coba dilakukan sebab kapal Admiral Gorshkov yang terletak di Laut Putih di Rusia utara.

Putin, yang telah berjanji untuk meningkatkan kekuatan militer Rusia di Kutub Mengadukan, berbicara tentang rudal hipersonik & senjata Rusia generasi baru dalam pidatonya Maret 2018. Dia memuji peluncuran uji coba yang bertepatan di hari kelahirannya.

“Ini adalah peristiwa besar tak hanya bagi kehidupan angkatan bersenjata, tetapi juga untuk seluruh Rusia, untuk seluruh negeri, ” sekapur Putin kepada Gerasimov.

2 dari 3 halaman

Kontrol Senjata AS-Rusia

Tes Tsirkon dilakukan di tengah ketegangan atas kontrol senjata antara Rusia dan Amerika Konsorsium. New START, pakta senjata nuklir besar terakhir yang diberlakukan kurun kedua negara, akan berakhir dalam Februari.

Gerasimov mengucapkan, rudal tersebut mencapai targetnya pada jarak 450 km dalam 4 setengah menit setelah mencapai kecepatan hipersonik lebih dari Mach 8.

Dia menambahkan bahwa tes akan dilanjutkan dan pesawat dan kapal selam Rusia bakal dipersenjatai dengan rudal ketika ulangan tersebut selesai.

Rusia dilaporkan berhasil melakukan uji jika peluncuran rudal dari kapal militer untuk pertama kalinya pada Januari awal tahun 2020.

3 dari 3 halaman

Simak video beserta ini: