Terasa Sakit 5 Hari, Ada Gila dalam Tenggorokan Wanita Jepang Itu

Wayne Collins

Liputan6. com, Jakarta Seorang wanita di Jepang mengalami sakit tenggorokan. Namun, tidak karena penyakit tertentu, melainkan dikarenakan adanya cacing yang menggeliat pada amandelnya.

Kejadian itu diungkap oleh para dokter dalam laporan mereka di American Journal of Tropical Medicine and Hygiene dengan diterbitkan pada 8 Juli berantakan.

Dikutip dari Live Science pada Kamis (16/7/2020), wanita 25 tahun ini pegari ke rumah sakit dengan perangsangan tenggorokan yang sudah berlangsung semasa lima hari. Gejalanya dimulai masa ia selesai makan berbagai macam sashimi.

“Pemeriksaan wujud mengidentifikasi adanya cacing hitam dengan bergerak di tonsil palatina kiri. Hasil tes darahnya normal, ” tulis para dokter dalam pembuka laporan tersebut, dikutip dari laman jurnal tersebut.

Para dokter menduga, cacing parasit jalan masuk ke dalam tubuh wanita ini menyantap sashimi tersebut.

2 dibanding 3 halaman

Biasanya Terlihat di Perut

Dokter lalu mengeluarkan gila itu dengan pinset. Mereka mengadukan, gejala pada pasien membaik sesudah hewan itu dikeluarkan dari tenggorokannya.

Dalam catatannya, dokter mendeskripsikan bahwa cacing itu berupa hitam dengan panjang 38 milimeter dan lebar 1 milimeter. Penelitian menunjukkan bahwa cacing ini adalah larva tahap keempat dari Pseudoterranova azarasi.

Newsweek melaporkan, cacing Pseudoterranova azarasi merupakan cacing gelang sakat yang biasanya menginfeksi mamalia bahar seperti walrus dan anjing bahar. Makhluk ini bisa masuk ke manusia apabila mereka mengonsumsi ikan mentah atau cumi-cumi.

Apabila cacing tersebut teridentifikasi, mereka biasanya ditemukan di perut. Para dokter mengatakan bahwa infeksi di tenggorokan adalah kasus yang kurang terjadi.

Pseudoterranova adalah anggota keluarga yang sama secara cacing parasit yang lebih umum yaitu Anisakis simplex. Mereka lazimnya menyebabkan infeksi perut.

3 dari 3 halaman

Saksikan juga Gambar Menarik Berikut Ini