tujuh Makanan yang Dilarang Dikonsumsi zaman Diet, Perhatikan Kandungannya

Wayne Collins

Liputan6. com, Jakarta Makanan yang dilarang saat diet kudu benar-benar kamu pahami dan hindari. Terlebih, banyak orang yang padahal menjalankan program diet malah tidak mengerti makanan apa saja yang harus dihindari. Beberapa makanan yang tampak sehat, ternyata justru harus dihindari saat diet.  

Memiliki berat badan ideal merupakan impian setiap orang. Namun, tidak jarang penerapan diet yang dilakukan tidak menanggapi makanan yang dilarang. Menghindari bermacam-macam makanan yang dilarang saat diet ini sangat penting diterapkan biar kamu mendapatkan berat badan dengan ideal.

Makanan yang dilarang saat diet harus diperhatikan kandungan hingga cara pengolahannya. Sering kali kamu terkecoh dengan sasaran yang tampaknya sehat, namun ternyata mengandung kalori yang tidak kecil pula. Selain itu, cara pengerjaan makanan juga dapat mempengaruhi diet yang sedang kamu lakukan.

Berikut Liputan6. com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (3/7/2020) tentang makanan yang dilarang zaman diet.

2 dari 4 halaman

Makanan Berlabel ‘Low-Fat’ atau ‘Fat-Free’ dan Roti Putih

Makanan Berlabel ‘Low-Fat’ atau ‘Fat-Free’

Salah kepala makanan yang dilarang saat diet namun tampak baik dikonsumsi adalah makanan berlabel ‘low fat’ ataupun ‘fat free’. Menurut para pakar, makanan berlabel ‘low fat’ atau ‘fat free’ juga harus dihindari saat diet karena mengandung target kimia, pati dan memiliki poin gizi yang sedikit.

Selain itu, makanan bertanda rendah lemak juga bisa menyebabkan awak merasa lebih lapar kemudian. Menurut seorang ahli gizi, saat mengonsumsi produk makanan rendah lemak, oleh karena itu kamu akan makan 50 persen lebih banyak setelahnya.

Roti Putih

Roti putih dan mentega juga merupakan makanan yang dilarang saat diet. Tidak semua karbohidrat itu buruk, tapi  tidak tersedia seorang ahli gizi yang merekomendasikan makan roti putih kemasan saat sedang diet.

Pasalnya, roti putih kemasan yang terdiri dari tepung telah dilucuti bekatul gandumnya, sehingga  tidak memiliki sendat dan nutrisi yang bermanfaat buat tubuh. Selain itu, sebuah penelitian menemukan bahwa setangkup roti meningkatkan risiko kenaikan berat badan dan obesitas sebanyak 40 persen.

Apalagi jika kamu kala menambahkan mentega pada roti. Mentega mengandung lemak yang sulit bermetabolisme dalam tubuh. Jadi, lemak itu dapat terus bersarang dan membuat kolesterol buruk.

Untuk kamu yang sedang diet, disarankan mengganti menu sarapan dengan oats. Alternatif lain adalah mengonsumsi roti gandum utuh alih-alih roti suci.

3 dari 4 halaman

Minuman dalam Kemasan dan Salad Siap Makan

Jus dan Minuman dalam Kemasan

Jus dan minuman dalam kemasan pula merupakan makanan yang dilarang masa diet. Walaupun jus merupakan minuman yang baik untuk kesehatan sebab terbuat dari bauah dan tumbuhan, tidak begitu dengan jus kemasan.

Jus dalam paket bahkan mengandung gula dan kalori yang sama dengan sekaleng soda. Oleh karena itu, kamu harus menggunakan jus yang diolah langsung daripada buah segar tanpa tambahan gula. Hal ini karena kandungan macet yang membuat kamu kenyang bertambah lama.

Selain itu, minuman dalam kemasan juga kudu kamu hindari. Hal ini karena minuman manis seperti soda, minuman berenergi, kopi, kalengan, hingga teh dalam kemasan mengandung kalori dengan tinggi. Hal ini dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan dan kenaikan berat badan jika dimakan secara berlebihan.

Salad Siap Makan

Kebanyakan orang menganggap bahwa salad menjadi salah satu sasaran sehat yang wajib dikonsumsi zaman diet. Padahal, banyak salad mengandung kalori dan lemak tinggi yang bahkan bisa setara dengan cheese burger. Hal inilah yang membina salad siap makan menjadi sasaran yang dilarang saat diet.

Jika ingin mengonsumsi salad saat sedang diet, ganti saus salad dengan minyak zaitun dan cuka putih. Selain itu, awak juga bisa membuat saus salad sendiri yang terbuat dari saus jeruk sebanyak satu sendok teh saja.

Sebaiknya awak membuat salad sendiri di panti dengan pilihan sayur-sayuran yang dicuci bersih dan disimpan dalam medan kering. Lalu, tambahkan kacang-kacangan serta biji-bijian favorit.

4 dari 4 kaca

Produk Olahan, Kentang Goreng, dan Kue

Produk Olahan dengan Gula Tambahan

Makanan yang dilarang saat diet berikutnya adalah produk olahan secara gula tambahan. Hal ini bisanya terdapat pada produk olahan seperti sosis, kornet, atau nugget. Makanan-makanan tersebut biasanya memakai gula dan lemak tambahan untuk meningkatkan kelezatannya.

Kamu bisa mengenali makanan dengan produk gula bunga ini dengan melihat  label dengan tertera pada kemasan. Hindari keluaran dengan kandungan sukrosa, maltosa, ataupun fruktosa berlebih.

Keripik Kentang atau Kentang Menyelar

Ketika diet kamu tidak disarankan untuk menggunakan karbohidrat. Walaupun kentang nyaris tidak mengandung lemak dan tergolong rendah kalori, yaitu hanya sekitar 90 per 100 gram kentang. Tetapi, cara penyajiannya ikut menentukan kandungan gizinya.  

Peristiwa inilah yang menyebabkan keripik kentang dan kentang goreng yang luhur kalori menjadi makanan yang dilarang saat diet. Studi menunjukkan bahwa satu porsi kentang goreng & keripik kentang sangat memengaruhi peningkatan berat badan dibandingkan makanan yang lain. Agar lebih aman, kamu bisa merebus dan mengukus kentang untuk menjaga nutrisinya.

Berbagai Macam Kue

Diolah dari berbagai asosiasi tepung, gula, dan mentega menghasilkan kue mengandung lemak jenuh serta kalori yang tinggi. Oleh sebab itu, tidak heran kue menjadi salah satu makanan yang dilarang saat diet.

Menggunakan kue dapat membuat kamu bertambah mudah lapar, sehingga membuat kamu jadi lebih banyak makan. Bila kamu ingin mencicipi makanan molek, sebaiknya kamu memilih cokelat hitam saja. Hal ini karena cokelat hitam mengandung antioksidan yang lulus tinggi.

Itulah berabagi macam makanan yang dilarang masa diet yang tentunya harus kamu hindari. Sebaiknya berkonsultasi dengan tabib terlebih dahulu jika kamu mau menerapkan diet, sehingga kesehatanmu lestari terjaga dan tentunya lebih tenang.