Warganet Bekasi Buka Warung Makan Percuma di Tengah Pandemi

Wayne Collins

Liputan6. com, Jakarta –  Pandemi corona Covid-19 memang berpengaruh dengan maraknya PHK dan mewujudkan perekonomian semakin sulit. Di kepala sisi, ada sejumlah orang yang rela memberikan donasi dan menolong sesama.

Ada dengan memberikan bantuan dana, sembako, peralatan medis dan masih banyak lagi.   Ada juga yang menyediakan makanan gratis. Baru-baru ini, sebuah video viral karena seorang warganet membuka warung makan gratis buat orang tak mampu di tengah pandemi.

Dibagikan sebab akun TikTok @theswitaa pada 31 Oktober, pemilik akun mengunggah video yang merekam warung makan sedang yang dibuat di rumahnya. Garasi rumah diubah menjadi warung santap “dadakan” yang diperuntukkan khusus untuk kaum duafa, anak yatim, orang umum, dan orang-orang tak berkecukupan.

Di spanduk yang terpasang di garasi tersebut, sang warganet memperbolehkan para kaum duafa, anak yatim, & masyarakat umum untuk membayar seikhlasnya. Sementara bagi orang-orang tak dapat, pemilik rumah memberikan makanan secara gratis.

Warung makan. Du’afa anak yatim dan umum bayar seikhlasnya. Untuk yang tidak mampu gratis. Silakan datang ke Taman Flora Blok F2 No. 2 dekat Danau Marakas , ” tulis spanduk tersebut.   Danau Marakas sendiri terletak di Babelan, Bekasi, Jawa Barat dan merupakan salah mulia tempat wisata unggulan di sana.

Guys selama pandemi papaku buka makan gratis di rumah. Alhamdulillah banyak yang ke sini. Dibantuin mertuaku juga. Bantu share yaa guys , ” sambung sang pemilik akun dalam keterangan pada videonya.

Bukan hanya menyampaikan makanan, warganet tersebut juga menyediakan meja dan kursi untuk dengan ingin makan di tempat. Tidak hanya itu, sang warganet serupa menyiapkan etalase untuk meletakkan kira-kira wadah berisi makanan agar mereka yang datang dapat melihat serta memilih langsung menu makanan yang disediakan.

Warung makan itu mulai buka pukul 11 siang. Namun untuk hari Jumat, dibuka mulai pukul 1 terang. Pengguna TikTok itu mengatakan ia membeli bahan-bahan masakan mereka secara uang pribadi.   Namun, semenjak videonya viral, banyak orang dengan ikut membantu. Ada yang menyumbangkan bahan masakan, air minum, patra,, beras, dan bahkan sejumlah kekayaan.

2 dari 3 halaman

Positif Sesama

Unggahan tersebut menanggung beragam komentar dari warganet. Tak sedikit yang merasa terharu dengan upaya yang dilakukan untuk membantu sesama di tengah pandemi.

Baik betul papanya, semoga rezekinya lancar yaa, ” tulis pemilik akun @rzzainn. “Ini menginspirasi banget. Semoga dikasih kesehatan dan kebahagiaan buat keluarganya , ” komentar akun @isma_rm8.

Video tersebut telah ditonton sebanyak lebih dari 390 ribu kali dan disukai sebesar lebih dari 43 ribu kali. Selain di Bekasi, di Surabaya juga ada yang membagikan sasaran gratis di masa pandemi tersebut.

Dalam video dengan diunggah akun TikTok @rayanrizky22, dalam 22 Oktober 2020, terlihat sebuah keluarga membagikan makanan gratis buat siapapun. Mereka rutin membagikan makanan setiap Senin sampai Jumat memukul 11. 00 WIB selama masa pandemi ini.

Dalam sehari, mereka bisa membagikan sekitar 100 porsi makanan. Orang-orang mampu cepat mengetahui karena ada spanduk “makanan untuk semua orang” pada depan lokasi mereka membuka tempat makanan di sebuah gerobak kecil yang ditarik oleh motor.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: